KULINER


        Paiton juga memiliki Wisata Kuliner yang cukup menarik untuk di kunjungi, salah satunya adalah Warung Pak Cip. Lokasi Warung Pak Cip tak jauh dari PLTU Paiton, hanya sekitar ±2km setelah PLTU Paiton dari arah Situbondo menuju Probolinggo, warungnya ada di sebelah kiri jalan dengan halaman yang cukup luas dan ditanami pohon mangga yang cukup besar. Untuk menemukannya tidaklah sulit, karena lokasinya tepat berada di sisi jalan Raya Probolinggo-Situbondo. Dulunya warung ini berada di puncak dekat jaringan distribusi PLN, namun kini warung Pak Cip pindah ke tepi jalan raya, sehingga sekarang lebih mudah untuk menemukanya.

       Warungnya memang bernama “Warung AC Alam P.CIP”, namun ruangannya tidak dingin seperti di ruangan berAC. Karena memang warung ini menempati ruangan terbuka, sehingga ACnya berasal dari alam. Warung Pak Cip ini terkenal dengan menu ikan bakar maupun ikan gorengnya yang masih segar. Selain itu ada juga Rumah Makan yang populer yaitu Rumah Makan Taman Air Handayani yang terletak di dekat Pabrik Rokok Apache Paiton.

      Resto ini ramah lingkungan dan sangat menyenangkan karena suasana pedesaannya. Makan disini sambil menikmati panorama yang indah. Suasananya enak dan menyenangkan dengan layanan yang baik. Variasi menu cukup banyak seperti Gurami goremg, Gurami mangga, Ayam goreng sambal mangga, Iga bakar, Iga penyet, Tumis buncis dan lainnya. Gurami gorengnya sangat enak dan renyah. Ayam goreng sambal mangganya nikmat , rasa paduannya cukup tepat. Iga bakarnya juga segar dan enak. Tumis buncisnya sangat terasa bumbunya. Rata-rata masakannya lezat.

Berikut adalah Peta Kuliner yang ada di Paiton :